BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang Masalah
Hiasan merupakan suatu yang dapat mempercantik barang yang lain atau
benda lain. Hal itu berarti ada keterkaitan antara benda yang satu dengan benda
yang lain, dan sangat jelas terlihat bila kita lihat misalnya antara tas
pastinya dapat lebih menarik jika kita memberikan hiasan seperti gantungan
kunci pada resletingnya. Hiasan seperi gantungan juga dapat dipakai sebagai
gantungan kunci. Dengan adanya kreativitaslah yang dapat menjadikan hiasan
cantik menjadi unik, dan banyak orang yang ingin mengetahui bagaimana cara
menjadikan barang yang mereka punya dapat terlihat lebih menarik. Oleh karena
itu biasanya orang-orang mencari solusi dengan berbagai cara, salah satunya
dengan bahan yang sederhana saja dapat dijadikan hiasan menarik seperti
gantungan kunci kain flannel atau kain felt. Selain itu gantungan kain flannel
juga banyak di pesan sebagai souvenir pernikahan, hadiah ataupun koleksi.
Seiring dengan banyaknya kebutuhan untuk mengkoleksi ataupun
menjadikan souvenir, maka munculah pula bisnis yang menawarkan jasa pembuatan
pernak-pernik dan souvenir lucu dari kain flannel.
1.2.Rumusan Masalah
Berdasarkan dari latar belakang tersebut
dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1. Mengapa banyak orang yang tertarik dengan
hiasan ataupun pernak-pernik dari
kain
flannel?
2. Apa yang di butuhkan untuk membuat gantungan
dari kain flannel?
3. Berapa kisaran harga pada souvenir dari kain
flannel?
4. Sasaran pasar yang bagaimanakah yang tepat
untuk bisnis souvenir kain flannel?
5. Apa manfaat yang dapat diambil dari konsumen
dan produsen?
1.3.Tujuan
Berdasarkan dari latar belakang tersebut,
adapun tujuannya yaitu sebagai berikut :
1. Memberikan informasi kepada masyarakat
untuk tetap mengembangkan dan melestarikan kreativitas yang dapat bermanfaat
dalam bisnis terutama dalam bisnis souvenir dari kain flannel.
2.
Memberikan pengetahuan untuk memulai usaha dalam bidang kreativitas
melalui aneka souvenir dari kain flannel.
3. Memberikan
ide – ide kreatif dalam mengembangkan
usaha dengan kreativitas
terutama dalam pembuatan souvenir
dari kain flanel.
1.4.Latar
Belakang Perusahaan.
1.4.1.DATA PERUSAHAAN
1.Nama Perusahaan : BSI Flanel Craft
2.Bidang Usaha : Souvenir
3.Jenis Produk : Usaha Kain flannel
4.Alamat Perusahaan : Jln.Kalibata Raya No.11 Jakarta-Selatan
5.Nomor Telepon : ( 021) 7922219
6.Alamat Email : BSIFlannel_Craft@yahoo.com
7.Bank Pendukung : Bank Central Asia
8.Mulai Berdiri : 10 Oktober 2010
1.Nama Perusahaan : BSI Flanel Craft
2.Bidang Usaha : Souvenir
3.Jenis Produk : Usaha Kain flannel
4.Alamat Perusahaan : Jln.Kalibata Raya No.11 Jakarta-Selatan
5.Nomor Telepon : ( 021) 7922219
6.Alamat Email : BSIFlannel_Craft@yahoo.com
7.Bank Pendukung : Bank Central Asia
8.Mulai Berdiri : 10 Oktober 2010
1.4.2.BIODATA PEMILIK /PENGURUS
1.Nama : Anis Nur Azizah
2.Jabatan : Pemilik
3.Tempat/Tanggal lahir : Jakarta,25 November 1991
4.Alamat Rumah : Jln.Kalibata Raya No.11 Jakarta-Selatan
5.Nomor Telepon : ( 021) 94311765
6.Alamat Email : Nisnos@yahoo.co.id
7.Pendidikan Terakhir : D3
1.Nama : Anis Nur Azizah
2.Jabatan : Pemilik
3.Tempat/Tanggal lahir : Jakarta,25 November 1991
4.Alamat Rumah : Jln.Kalibata Raya No.11 Jakarta-Selatan
5.Nomor Telepon : ( 021) 94311765
6.Alamat Email : Nisnos@yahoo.co.id
7.Pendidikan Terakhir : D3
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.
Awal Mula Bisnis Kreasi dari Kain Flannel
Berkreasi tidak hanya dapat dilakukan
dengan barang yang rumit dan sulit didapat. Tetapi hanya dengan bahan yang
sederhana dapat dijadikan hasil kreasi yang memuaskan bahkan dapat mendatangkan
keuntungan. Kreasi juga bias dating dari sekedar hobi, hobi ternyata bisa
mendatangkan keuntungan.
Dari tangan-tangan kreatif, sebuah hobi
bisa mendatangkan tambahan penghasilan dalam jumlah yang lumayan. Hal utama
yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis adalah komitmen. Aneka kreasi bisa
dijadikan souvenir/cinderamata. Salah satu kretivitas yang bisa dijadikan
souvenir adalah kain flannel. Kain flannel tidak hanya mengandalkan kreativitas
tetapi juga harus dibarengi oleh keterampilah menjahit. Untuk itu bagi anda
yang sangat tertarik dengan pernak-pernik dari kain flannel dan ingin membuat sendiri harus memiliki keterampilan
menjahit.
Hiasan ataupun souvenir ini banyak
diminati oleh anak-anak, remaja ataupun orang dewasa. Bentuknya yang unik dan
lucu sesuai pemintaan membuat orang menyukai souvenir tersebut. Kegunaan
kerajinan ini adalah sebagai souvenir ulang tahun, koleksi, souvenir
pernikahan, hadiah ulang tahun, dll. Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan
yang mudah didapat dan murah. Hal yang diperlukan dalam membuat kerajinan
adalah kreatif. Dengan kreativitas, akan tercipta bentuk-bentuk yang unik dan
lucu. Harga untuk bahan bakunyapun relative murah. Kemudian bahan – bahan
lainnya seperti ring gantungan dan benang sangat mudah didapat serta mudah
dijangkau.
2.1.1. Informasi yang dapat diberikan
Sebagai Ketertarikan Konsumen
Sesuatu yang dibuat dengan cara sederhana
tetapi memiliki daya tarik dan keunikan tentu saja dapat membuat sebagian orang
menjadi penasaran. Seperti pada halnya kreasi yang dibuat dengan menggunakan
bahan dasar kain flanel ini dapat menarik masyarakan untuk mengkoleksi ataupun
untuk dijadikan sebagai souvenir. Dalam pembuatan kreasi pernak-pernik dari
kain flanel ini bukan hanya kretivitas yang dibutuhkan tetapi juga keterampilan
menjahit, karena biasanya dalam pembuatanya yang biasa dipesan harus sesuai
dengan permintaan si konsumen.
2.2. Latar
Belakang Identitas Pengusaha
Meski masih kuliah, namun
anak-anak kampus BSI ini berkeinginan membuka usaha. Bersama teman-temannya, ia membuka industri
rumahan dengan membuat berbagai kreasi kerajinan tangan dari kain flanel.
Berawal dari hoby Usaha
rumahan ini mendatangkan peluang usaha dan sumber pendapatan bagi kami. Namun
kala itu, ia hanya membuat dan menawarkan kepada teman kuliahan, tetangga dan
kerabat dekat saja melalui secara langsung maupun lewat facebook. Hingga pada
pertengahan 2010 kami mulai memproduksi sendiri, yang kemudian berdagang lapak
dari lapak satu ke lapak lain setiap akhir minggu. Belanja dan membuat kemudian
menjual sendiri hasil kreasi flannelnya.
BSI Flannel Craft dipilih kami
sebagai nama usahanya yang diambil dari nama kampusnya. “Bunyinya simpel
dan mudah diingat orang,” .
Usaha kerajinan flannel
sendiri amat prospektif sebab belum banyak yang melirik peluang usaha ini
khususnya didaerah kami. Dan tentu saja usaha tersebut memberikan energi baru
dan semakin menambahkan penghasilan.
Selain itu ada juga kreasi
flannel dengan permainan huruf dan angka yang dapat merangsang psikomotor anak.
Softcase notebook dan HP, berbagai aplikasi flannel lucu yang dibuat
gantungan kunci dan HP.
2.2.1 Personalia dan Perlengkapan kantor.
ü
Dalam usaha flannel ini kami mempunyai 10 personil
tenaga kerja yang masing-masing personil mempunyai tugasnya masing-masing,
diantaranya :
1. Anis Nur Azizah sebagai Pemilik Usaha.
2.
Shala Putrianti sebagai Administrasi / keuangan
3.
Desi Paramita Dewi sebagai Pemasaran
4.
Laksmi lestari sebagai Pemasaran.
5. Yane sebagai koordinator Pelaksana Pengiriman Produk.
6. Denih Mulia sebagai Driver.
7. Isna Andini sebagai kepala produksi.
8. Eva
Sarifatul Wafa sebagai bagian
produksi
9. Anita
Yuliana Sirait sebagai bagian produksi
10. Arif Dana Maulana sebagai bagian produksi
11.
Emeline Victorine sebagai bagian produksi.
ü
Adapun Perlengkapan kantor sebagai berikut :
1.
memiliki 1 ruang produksi yang nyaman
2.
memiliki 1 unit komputer
3.
memiliki 1 telepon kantor
4.
memilikli 1 unit motor
2.3.Produksi
Kain Flannel.
2.3.1.Alat dan Bahan yang Dibutuhkan dalam
Pembuatan Kreasi dari Kain Flannel
Dalam pembuatan pernak-pernik dari kain
flanel tentu saja harus menggunakan alat dan bahan. Alat dan bahan yang
digunakan sangat sederhana dan mudah didapat, seperti :
1. Kain flanel dengan ukuran sesuai selera
2. Gunting kain
3. Benang woll
4. Lem ( jika diperlukan)
5. resleting (jika diperlukan)
7. ring gantungan (jika diperlukan)
8. Pensil
9. Jarum jahit
10. Aneka Pita
11. Pernak Pernik Hiasan
Alat dan bahan tersebut dapat digunakan
sesuai dengan bentuk dan motif yang diinginkan. Bentuknya juga bervariasi
seperti bentuk buah-buahan, kepala binatang dan dengan berbagai fungsi seperti
untuk gantungan, tempat HP, tempat pensil, taktakan gelas, pembatas buku,
dompet koin dan lain-lain
2.3.2.Proses
pembuatan.
v Persiapkanlah bahan
dan alat yang digunakan seperti: kain flannel aneka warna, benang sulam &
benang jahit, jarum, gunting, manik-manik hitam, ritsleting, tali, dan lem
serbaguna.
v Buatlah pola kreasi
yang diinginkan pada kertas karton, gunting lalu pindahkanlah pola tersebut
pada kain flannel dengan menggunakan pensil/pulpen gel (untuk kain flannel
berwarna cerah) atau kapur jahit (untuk kain flannel berwarna gelap).
v Gunakanlah kain flannel
yang bersih dan tidak memiliki bekas lipatan. Untuk merapikan kain flannel yang
memiliki bekas lipatan, seterikalah dengan hati-hati dan suhu seterika jangan terlalu panas.
v Gunakanlah benang
sulam untuk menjahit kain flannel, warnanya disesuaikan dengan warna kain flannel.
v Ada beberapa jenis
teknik tusuk jahit dan tusuk hias, diantaranya tusuk feston, tikam jejak,
jeruji dan tusuk pipih. Yang paling sering digunakan adalah tusuk feston karena
selain memperindah bentuk kreasi yang dihasilkan, tusuk feston ini berguna
untuk merapikan pinggiran kain flannel, menggabungkan 2 lembar kain yang
memiliki bentuk dan ukuran yang sama, serta untuk menjahit ritsleting pada
kain.
2.3.3.Produk Yang Dihasilkan
Dewasa ini, Minded yang dimiliki masyarakat lebih mementingkan kepada
suatu hal yang berbeda dan orisinal dibandingkan dengan orang kebanyakan, terutama pada bidang fashion. Hal ini dapat dicontohkan dengan
banyaknya suatu tren ala Jepang, dimana istilahnya adalah Harajuku.
Kita dapat mengekspresikan diri kita dengan berbagai
macam gaya. Untuk mendukung hal tersebut, tak jarang orang-orang
menggunakan suatu aksesoris untuk menambah
kesan agar terlihat lebih modis. Melihat hal tersebut, kami bermaksud
untuk mengambil kesempatan untuk memulai suatu usaha di bidang aksesoris. Belum
banyak orang mengetahui suatu produk yang diproduksi menggunakan suatu bahan
seperti kain flannel. Apabila kain flannel
dikreasikan dengan baik, maka hasil yang didapatkan akan tampak menarik.
Berikut beberapa produk berbahan flannel
yang dihasilkan, seperti:
Gambar 2.1 Kantong Souvenir Rp. 10.000,-
Gambar 2.2 Bross Rp. 5.000,-
Gambar 2.3 Tempat Pensil Rp. 10.000,-
Gambar 2.4 Dompet Rp. 9.000,-
Gambar 2.5 Dompet Hp Rp. 15.000,-
Gambar 2.6 Frame Rp.
35.000,-
Gambar 2.7 Sampul Memo Rp. 13.000,-
Gambar 2.8 Sampul Binder Rp. 25.000,-
2.3.4.Penetapan
Harga
Harga jual dari
produk yang kami jual sesuai dengan jenis tipenya, adapun jenis tipe tersebut
adalah sebagai berikut :
·
Produk dengan Tipe (S) = Rp. 3.000 – Rp. 10.000, yaitu
berupa gantungan kunci, gantungan handphone, tempat pensil, dll.
·
Produk dengan Tipe (M) = Rp. 15.000 – Rp. 25.000, yaitu
berupa tas souvenir, sampul binder, dll.
·
Produk dengan Tipe (L) = > Rp. Rp.30.000, yaitu berupa
frame photo, dll.
2.4
Analisis Industri
2.4.1 Perspektif Masa Depan Industri
Menilik
kerajinan kain flannel. Kain flannel yang lembut dan memiliki warna menarik
sangat mudah dibentuk, sedemikian sehingga sering dijadikan pilihan untuk
membuat berbagai macam produk hiasan, mainan anak, ataupun aksesoris yang
digunakan sebagai souvenir. Seperti gantungan kunci, gantungan HP, bros, jepit
rambut, hiasan magnet, karet rambut dan lain-lainnya. Harga jualnya juga
relatif bagus, jika dibandingkan dengan modal yang dibutuhkan, yakni sekitar
Rp. 2.000,- – Rp. 8.000,- . Modal awal bisa ditekan, karena produksi awal hanya
untuk sampel, selanjutnya produksi dilakukan hanya jika ada pesanan.
2.4.2 Analisis Persaingan
Pada umumnya, beberapa produk yang ada di pasaran berbahan plastik, kulit,
mika, dll. Sebagian besar masyarakat kurang mengetahui mengenai suatu produk aksesoris
yang berbahan flannel. Akibat dari kurang familiarnya para pembeli dengan suatu
produk berbahan flannel ini adalah mereka akan memandang sebelah mata produk
tersebut.
Namun, hal ini merupakan suatu
tantangan bagi kami. Kami berusaha untuk menawarkan produk yang berbahan
flannel ini kepada masyarakat. Dimana
produk ini tentunya tidak kalah dengan produk-produk yang sudah ada di pasaran.
Tentunya dengan berbagai macam kreasi yang dapat kami kembangkan seiring dengan
berjalannya waktu.
Penjualan produksi handmade berbahan flannel menjadi
keuntungan tersendiri bagi kami karena bahan flannel ini mudah untuk didapatkan
dan harganya yang relative murah. Selain
itu, belum banyak persaingan dalam bisnis penjualan handmade berbahan flannel
ini.
Akan tetapi, jumlah produksi yang
dihasilkan cukup terbatas. Dikarenakan proses pembuatan produk ini menggunakan
proses handmade. Selain itu, tingkat kerumitan dan kurangnya waktu pengerjaan
juga menjadi kendala dalam pembuatan aksesoris. Ditambah dengan ide kreatif yang
harus selalu inovatif merupakan hambatan yang akan menjadi tantangan bagi kami.
Dalam memasarkan produk ini, kami
memiliki beberapa kemudahan. Diantaranya adalah masih banyaknya relasi di
lingkungan kami yang mempermudah proses penjualan. Selain itu, pada daerah
Depok yang menjadi salah satu tempat pemasaran kami. Hal ini akan menjadi
peluang yang cukup baik bagi kami untuk lebih mengenalkan produk - produk kami.
2.4.3. Segmentasi Pasar Yang Akan Dimasuki
Sasaran
dari pemasaran produk kami adalah seluruh kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Kami berani merambah
seluruh kalangan karena produk yang kami hasilkan sangat beragam dan dapat
menjangkau seluruh kalangan. Dengan demikian, produk ini memiliki peluang
yang sangat bagus karena masih sedikit yang memproduksi
aksesoris berbahan flannel ini. Sebagai produk baru, handmade kain flanel perlu
memikirkan segmentasi pasar agar mempercepat laju penjualan produk ini sendiri.
Di dalam sebuah usaha, segmentasi pasar juga memiliki peran penting untuk memajukan usaha. Salah satu alasan
dari melakukan segmentasi pasar adalah untuk meningkatkan efektivitas strategi
pemasaran yang telah disusun. Jika dirinci
maka segmentasi pasar usaha kami adalah sebagai berikut :
Ø Segmentasi Geografis
Untuk memaksimalkan
pemasaran, kami akan memasarkan produk kami ke seluruh daerah, baik di dalam kota , maupun diluar kota .
Untuk pemasaran di dalam kota kami akan menangani langsung calon konsumen,
sedangkan untuk di luar kota
akan digunakan media internet untuk menjual produk kami secara online.
Ø Segmentasi Demografi
Untuk segmentasi demografi, usaha
kami merambah ke berbagai kalangan,yaitu
mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sedangkan berdasarkan jenis kelamin,
kami lebih cenderung pada wanita, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa pria juga dapat menggunakan produk kami.
Ø Segmentasi Psikografi
Sedangkan untuk
segmentasi secara psikografi, produk kami lebih ditujukan pada masyarakat
menengah kebawah. Karena produk kami relative murah dan dapat digunakan sebagai
pilihan alternatif untuk membeli
aksesoris.
2.5. Pemasaran
Adapun Pemasaran yang kami lakukan yaitu
sebagai berikut:
2.5.1.Jasa
Pelayanan
Usaha flannel merupakan industri rumahan dengan
membuat kreasi kerajinan tangan dari bahan dasar flannel. Oleh karena itu dalam
jasa pelayanannya konsumen yang membeli dalam jumlah banyak akan langsung
diantarkan barang-barangnya ke tempat si pembeli tersebut.
2.5.2.Pelaksanaan
Distribusi
Untuk
Pendistribusiannya yaitu dengan cara mengirimkan produk-produk kami ke toko/counter
yang memesan produk kami melalui email, social network, atau via telpon atau
sms.
2.5.3.Promosi
Yang Akan Dilakukan
Hal yang
kami perlukan dalam mencari bentuk promosi yang murah dan memilih iklan yang
tepat, antara lain :
ü Survei langsung kepada masyarakat
ü Promosi penjualan, dilakukan dengan cara
menyebar pamplet / brosur dari produk yang kami jual.
ü
Mengikuti pameran-pameran yang bertemakan sesuai dengan
produk yang kami pasarkan.
ü
Melalui Situs Jejaring Sosial.
2.5.4.Pengembangan Produk
Selalu Up to date dengan perkembangan
dari produk yang kami buat, strategi ini mencakup perubahan barang yang tetap
menggunakan cara produksi yang sama, bila mana kita mengetahui bahwa sasaran
pembeli mulai bosan dan kita harus mengubah atau membuat sesuatu yang unik dari
produk yang dibuat sehingga produk tersebut memiliki cirri khas tersendiri yang
berbeda dengan produk buatan lain.
2.6. Resiko kelemahan dalam pembuatan kain flannel
Ø
Kalah dalam hal Personal Branding.
Menjual produk Kain Flanel memang gampang gampang susah, promo sana sini
tapi tetap tidak ada hasil. Mungkin anda berfikir yang salah adalah
produknya atau anda yang kurang giat atau ada yang salah dengan anda. Padahal
sebaliknya, untuk seseorang yang memiliki branding/terkenal, dengan mudahnya
bisa menjual apapun produk yang mereka tawarkan.
Ø
kurangnya ide/kreasi
Penyediaan ide-idenya yang terbatas sehingga mengurangi stock-stok yang ada
sehingga para pelanggan terkadang mengeluh .
Ø
tingkat kesabaran usaha tinggi
Harus memerlukan imajinasi dan kesabaran tersendiri bagi para pembuat kain
flanel, agar dapat menghasilkan permainan yang menarik.. adanya kerusakan dalam
pengiriman
Ø
Kesalahan dalam pengiriman barang.
Kesalahan dalam pengiriman barang ke pelanggan akan mengakibatkan kerugian
bagi si pemilik. Maka harus diperkirakan upaya untuk menghadapi faktor ini.
2.7.Biaya Estimasi
BIAYA TETAP
1.
Alat
Lem Tembak 2 x @ Rp. 60.000 = Rp. 120.000
2.
Gunting
Biasa 3 x @ Rp. 5.000 =
Rp. 15.000
3.
Gunting
Gerigi 2 x @ Rp. 7.500 =
Rp. 15.000
4.
Penggaris Ukr. 30 cm 5
x @ Rp. 2500 = Rp.
12.500
5.
Jarum
Jahit 1 box = Rp. 7.500
TOTAL =
Rp. 176.000
BIAYA VARIABEL DALAM WAKTU 1
BULAN
1.
Kain
Flanel 200 pcs x @ Rp. 1500 = Rp. 300.000
2.
Dacron 2 kg x @ Rp. 10.000 = Rp. 20.000
3.
Aksesoris = Rp. 100.000
4.
BenangSulam 50 x @ Rp. 1.500 = Rp. 75.000
5.
Isi
Lem Tembak 5 x @ Rp. 2.000 = Rp.
10.000
6.
Tali
Coor 30 x @ Rp. 1.000 = Rp.
30.000
7.
Peniti
Bross 50 x @ Rp. 500 = Rp. 25.000
TOTAL =
Rp. 560.000
BIAYA OPERASIONAL
1.
PEMAKAIAN
LISTRIK =
Rp. 20.000
2.
TRANSPORT =
Rp. 10.000
TOTAL =
Rp. 30.000
ESTIMASI HARGA/Pcs
Type (S) = Rp. 3.000 – Rp. 10.000
Type (M) =
Rp. 15.000 – Rp. 25.000
Type (L) =
> Rp. 30. 000
ESTIMASI PENJUALAN DALAM WAKTU 1 BULAN
Type (S) =
150 pcs @ Rp. 3.000 = Rp.
450.000
Type (M) = 25 pcs
@ Rp. 20.000 = Rp. 500.000
Type (L) = 10
pcs @ Rp. 45.000 = Rp. 450.000
TOTAL =
Rp. 1.400.000
BIAYA VARIABEL UNTUK
MEMBUAT 1 pcs GANTUNGAN HANDPHONE
1.
Kain
Flanel 3 pcs x @ Rp. 1.500 = Rp. 4.500
2.
Tali
Coor 1 buah = Rp. 1.000
3.
Benang
Sulam 1 pcs = Rp. 1.500
4.
Lem =
Rp. 500
TOTAL =
Rp. 7.500
KEUNTUNGAN = PENDAPATAN KOTOR
– TOTAL ( TETAP + VARIABEL +
OPERASIONAL )
= Rp. 1.400.000 – Rp. 766.000 = Rp. 634.000
PERHITUNGAN BEP ( BREAK EVENT POINT
)
BEP = BIAYA TETAP
HARGA/Pcs – B.VARIABEL/Pcs
= RP. 176.000
Rp. 10.000 – Rp. 7.500
= 58, 6
Jadi, dalam waktu 1 bulan untuk mencapai BEP penjualan barang dengan
harga Rp. 10.000/pcs sebanyak 58 pcs.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat
di simpulkan sebagai berikut :
1. Kita dapat memulai
usaha tidak hanya dengan biaya yang besar dan cara yang rumit, tetapi harus
dengan kreativitas agar dapat menghasilkan peluang bisnis yang menguntungkan.
2. Dalam menjalankan
bisnis yang membutuhkan kreativitas, harus lebih ditingkatkan pada keunikan
sehingga barang yang dihasilkan memiliki daya tarik tersendiri.
B. Saran
Bagi para pengusaha pemula, dapat dilihat saran
sebagai berikut :
1. Mulailah usaha dengan
modal yang memadai. Serta
pastikan modal tersebut dikelola dengan baik dan benar.
2. Pilihlah tempat
pemasaran yang sesuai usaha anda dengan tepat. Tempat dengan sasaran pasar.
3. Pastikan promosi
dilakukan secara maksimal untuk memperkenalkan bisnis flannel anda yang telah
di jalankan, dapat melalui media cetak maupun face to face atau dengan demo.
4. Tampilkan kreativitas
– kreativitas baru yang unik, menarik agar dapat menarik hati para konsumen
DAFTAR PUSTAKA
Yunita, Eka.
2007. Kreasi Flannel Untuk Souvenir. Jakarta: Puspa Swara.
No comments:
Post a Comment