Tuesday, October 6, 2015

CONTOH MAKALAH TENTANG NARKOBA


MENITI MASA DEPAN
MENJAUHI NARKOBA





NAMA             : Wilujeng Putri Y
KELAS             : VIII-B
NO. INDUK    : 5773
















KATA PENGANTAR

Penyalahgunaan narkoba mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, Indonesia telah menjadi pasar yang menggairahkan bagi produsen obat-obat tersebut. Melalui berbagai cara pemasaran yang terorganisir secara rapi.
Hal yang saat ini merisaukan adalah gencarnya penyalahgunaan narkoba dikalangan anak-anak dan remaja. Dapat kita bayangkan bagaimana kelangsungan bangsa ini jika generasi penerus bangsa telah diracuni “barang haram” tersebut.
Untuk itu pengetahuan tentang obat-obatan terlarang berikut dampak negatif yang ditimbulkannya perlu disampaikan pada kalangan anak-anak dan remaja. Mengingat kebanyakan dari mereka kurang pengetahuannya tentang narkoba yang berdampak pada kesehatan bahkan kematian. Di samping itu, diperlukan juga penanaman sikap tanggung jawab dan kepercayaan diri dalam memandang masa depan mereka.
Keluarga, sekolah, serta masyarakat sekitarnya merupakan lingkungan tempat anak-anak dan remaja berada. Perhatian dan partisipasi aktif keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitarnya sangat membantu pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba.
Buku ini selain berisi informasi tentang obat-obatan terlarang (narkoba) berikut dampak penggunannya, juga disajikan penanaman sikap tanggung jawab dan kepercayaan diri, serta bagaimana menjalani aktivitas hidup untuk meraih cita-cita.



Jakarta,  Maret 2006
Penyusun













DAFTAR ISI
                                 
Judul..............................................................................................................................................     i
Kata Pengantar..............................................................................................................................     ii
Daftar Isi........................................................................................................................................     iii
Rangkuman
A.    Kepercayaan Diri.........................................................................................................     1
B.     Awal Pengenalan Narkoba..........................................................................................     2
C.     Sikap Menolak Narkoba..............................................................................................     2

Penutup / Penerbit..........................................................................................................................     3




BAB IV
MENOLAK NARKOBA


  1. Kepercayaan Diri

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa lepas dari lingkungan dan manusia lainnya. Dalam berinteraksi dengan sesama manusia kita perlu mengetahui  berbagai perilaku yang ada dalam diri manusia termasuk diri kita sendiri. Perilaku dalam diri manusia ada 3 macam yaitu :

a.     Tidak percaya diri (pasif)
Perilaku ini terlihat dalam tindakan seseorang seperti merasa takut dianggap berbeda dengan orang lain, mau mengikuti kemauan orang lain, tampak gelisah dan tidak membiarkan orang lain mengetahui hak-haknya.
b.     Menuntut (agresif)
Perilaku ini akan terlihat dalam tindakan seseorang seperti tidak menghargai hak-hak orang lain, membuat orang lain merasa tidak nyaman, tidak peduli dengan orang lain, berbicara keras, tampak marah atau memotong pembicaraan orang lain.
c.     Percaya diri (asertif)
Perilaku ini terlihat dalam tindakan seseorang seperti mampu untuk menyatakan hak-haknya, berbicara jelas, percaya diri dan tenang, bisa menghargai hak-hak orang lain dan tidak membiarkan orang lain memaksa dirinya melakukan sesuatu yang tidak dikehendakinya.

Pengetahuan kita tentang macam-macam perilaku manusia itu sangat menentukan pergaulan sehari-hari, baik di sekolah, di rumah atau di lingkungan. Apabila kamu memiliki perilaku yang percaya diri maka pengaruh negatif dari luar dapat dengan mudah kamu tolak. Kamu tidak akan membiarkan pengaruh negatif tersebut memasuki atau mempengaruhi kehidupanmu.
Orang yang percaya diri dalam kehidupannya akan mudah memecahkan masalah, hubungan dengan sesama akan selalu meningkat, kecemasan berkurang dan meningkatnya citra diri. Banyak cara untuk meningkatkan kepercayaan diri atau melatih kepercayaan diri, di antaranya sebagai berikut :
a.     Berbicara secara nasional, untuk mencegah orang lain memanfaatkan diri kita.
b.     Perasaan harus sesuai dengan kenyataan, kalau suka nyatakan suka dan katakan tidak jika memang tidak suka.
c.     Memberi salam saat bertemu dengan orang lain, bersikap ramah dan jangan merasa malu.
d.     Jujur jika ada sesuatu yang kurang berkenan dengan diri kita, jangan mengatakan setuju yang bertentangan dengan hati kita.
e.     Katakan jika ada orang yang menyuruh melakukan sesuatu menurut kamu tidak benar atau tidak baik.
f.      Kabarkan diri kita jika telah melakukan sesuatu yang berharga atau menarik dengan tujuan untuk mengabarkan kemampuan kita.
g.     Penghargaan yang kita terima seperti pujian kita terima dengan ucapan ”terima kasih” namun jangan menjadikan tinggi hati.
h.     Kontak mata harus dilakukan saat kita melakukan pembicaraan dengan orang lain.
i.      Kata ”tidak” merupakan kata yang tepat untuk menjawab perintah atau tawaran orang lain yang tidak masuk akal atau merasa hak kamu tidak dihargai.

Dengan melakukan kebiasaan di atas dalam setiap pergaulan kita akan terbiasa dengan semua itu.
  1. Awal Pengenalan Narkoba

Saat ini penggunaan narkoba sudah tidak terkendali lagi. Semakin maraknya kegiatan penyalahgunaan narkoba oleh remaja, walaupun resiko yang ditanggunnya sangat berbahaya.
Masa remaja yang penuh gejolak dan mudah terpengaruh dari luar mempernudah remaja untuk melakukan kenakalan remaja. Pada mulanya setiap orang akan mengakui bahwa dirinya tidak mungkin terjerumus ke dalam perbuatan yang negatif, seperti penyalahgunaan narkoba. Namun dengan bujukan atau paksaan dari orang lain atau teman sendiri, akhirnya mereka mau mencobanya dan setelah mengenal mereka memakai berkelanjutan.
Banyak penyebab kenapa mereka mau mencoba apa yang ditawarkan oleh orang lain tersebut, diantara lain : ada masalah dalam keluarga, perubahan emosional yang tidak terkendali, ikut-ikutan atau sekedar ingin mencoba. Itulah remaja dengan segala situasi dan kondisinya yang sangat riskan untuk permulaan penyalahgunaan narkoba.

  1. Sikap Menolak Narkoba

Perilaku yang sangat membantu untuk menghindari atau mencegah penyalahgunaan narkoba adalah mengembangkan sikap perilaku percaya diri. Manfaat percaya diri bagi kita diantaranya adalah mudah untuk memecahkan masalah, meningkatkan hubungan antar sesama, berkurangnya kecemasan, dan meningkatkan citra diri.
Orang yang memiliki percaya diri merupakan orang yang tahu cara menghargai diri sendiri, mengetahui kelebihan dan kekurangan diri, mengerti hak diri sendiri dan menghargai hak orang lain, berani menyatakan pendapat, tidak mudah dipengaruhi orang lain dan berani mengalah dalam pertengkaran yang tidak perlu.
Orang yang percaya diri jiuka ada penawaran penyalahgunaan narkoba akan mampu melakukan penolakan dan mengatakan ”tidak untuk narkoba”. Hal ini karena mereka mampu berfikir akan dampak negatif narkoba serta bahaya yang ditimbulkannya.



PENUTUP / PENERBIT


·         Penerbit         : PT. MEDIANTARA SEMESTA
Oleh              : O. Juhana, S.Pd
                              Drs. Dadan Supardan

·         Penutup

Buku ”Meniti Masa Depan menjauhi Narkoba” ini disusun sebagai upaya partisipasi terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba, khususnya pada anak-anak dan remaja.
Harapan kami buku ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, khususnya para siswa.

Kami menyadari masih terdapat berbagai kekurangan di sana-sini. Untuk itu segala saran dan kritik demi perbaikan buku ini sangat kami harapkan. Atas perhatiaannya kami ucapkan terima kasih.

No comments:

Post a Comment