Thursday, January 7, 2016

Kerajinan Tangan Bisa Redakan Stres

Tuntutan pekerjaan yang banyak dan berat bisa membuat kita stres. Dan tanpa disadari, kebanyakan dari kita mengalami stres yang konstan. Mengalihkan pikiran dan pekerjaan dengan kegiatan lain kurang dari 20 menit dapat membantu memecahkan masalah ini. 

"Jika Anda dapat menekan stres dalam 20 menit kumulatif sehari selama beberapa minggu, Anda dapat mengatur ulang seluruh sistem Anda. Ini akan membuat tubuh Anda tidak lebih sensitif terhadap hormon stres," kata Alice Domar, PhD, pelopor dalam pengobatan pikiran-tubuh, sepeti dikutip dari Health, Sabtu (2/1/2016).


10 menit: Kerjakan kerajinan tangan

Sebuah studi dalam Journal of Nursing Scholarship menemukan bahwa seni dan kerajinan membantu merilekskan anggota keluarga yang menjaga penderita kanker. Jika Anda tidak tahu caranya merajut, Anda dapat mencoba buku mewarnai penghilang stres untuk dewasa yang tengah tren sekarang ini.

15 menit: Membuat teh

"Teh hijau mengandung asam amino derivatif, tianin, yang telah terbukti memengaruhi gelombang otak alpha dan mempromosikan relaksasi," kata Wendy Bazilian, RD, penulis buku The SuperFoodsRx Diet.

Chamomile juga ditemukan dapat meringankan gejala kecemasan. Bahkan senyawa dalam teh hitam dapat mempengaruhi neurotransmitter di otak. Orang yang minum empat cangkir sehari selama enam minggu memiliki tingkat kortisol lebih rendah setelah stres daripada kelompok kontrol, menurut sebuah studi di Psychopharmacology.

20 menit: Berjalan kaki di luar

Berjalan-jalan dapat meningkatkan kadar norepinefrin, suatu bahan kimia yang membantu otak menangani stres. Melakukan aktivitas ringan di luar ruangan telah terbukti sangat meningkatkan suasana hati dan energi seseorang, menurut para peneliti di University of Essex di Inggris.

SUMBER :
http://www.pikiran-rakyat.com/horison/2016/01/03/355539/kerajinan-tangan-bisa-redakan-stres

No comments:

Post a Comment