TUGAS RESUME
“MODEL-MODEL KONSELING”
Pencapaian
konsep merupakan proses mencari dan mendaftar sifat-sifat yang dapat digunakan
dalam membedakan contoh-contoh yang tepat dengan contoh-contoh yang tidak tepat
dari berbagai kategori.
(Bruner, Goodnow dan Austin 1967)
Tujuan
dari model pencapaian konsep adalah mengajarkan anak-anak untuk mencapai dan
membuat konsep-konsep serta mempraktikannya langsung di lapangan.
Pembentukan
konsep merupakan proses yang mengharuskan siswa menentukan dasar dalam
membangun kategori dan penemuan konsep mengharuskan mereka menggambar
sifat-sifat dari kategori yang terbentuk dalam pikiran orang lain dengan cara
membandingkan dan membedakan contoh-contoh yang berisi karakteristik konsep
dengan contoh yang tidak berkarakteristik.
Proses
ini membuat siswa akan belajar sifat-sifat atau ciri-ciri menjabarkan suatu
konsep tertentu dan dapat membedakan sirat-sifat lain yang tidak sesuai dengan
definisi. Contoh-contoh merupakan bagian kecil dari koleksi data atau perangkat
data dengan membandingkan contoh-contoh positif dan membandingkan dengan
contoh-contoh negatif. Seluruh obyek memiliki beberapa fitur dan disebut
sebagai atribut / sifat / ciri / karakteristik. Contoh : negara-negara memiliki
wilayah perbatasan, penduduk dll.
Tahap –
Tahap Dalam Model Penemuan Konsep
Tahap Pertama
Penyajian Data
& identifikasi Konsep
|
Æ
|
Tahap Kedua
Pengujian
Pencapaian Konsep
|
Æ
|
Tahap Ketiga
Analisis
Strategi-strategi Berfikir
|
o
Guru menyajikan contoh-contoh yang telah di
labeli.
|
o
Siswa mengidentifikasi contoh-contoh tambahan yang
tidak di labeli dengan tanda (ya) atau (tidak).
|
o
Siswa mendeskripsikan contoh-contoh.
|
||
o
Siswa membandingkat sifat-sifat atau ciri-ciri
contoh positif dan negatif.
|
o
Guru menguji hipotesis menamai konsep dan
menyatakan kembali definisi menurut sifat-sifat atau ciri-ciri yang paling
esensial.
|
o
Siswa mendiskusikan peran sifat-sifat hipotesis.
|
||
o
Siswa menjelaskan definisi menurut sifat-sifat
atau ciri-ciri yang paling esensial.
|
o
Siswa membuat contoh-contoh.
|
o
Siswa mendiskusikan jenis dan ragam hipotesis.
|
Robert Gagne (1965) artikel yang
ditulis membicarakan suatu pendekatan yang tidak jauh berbeda dengan model
penemuan konsep. Merrill dan Tennysan (1977) menggambarkan
pendekatan-pendekatan yang sama meskipun tanpa analisis yang dalam tentang
proses berfikir dan Mckinney, Warren, Larkins, Ford dan Davis (1983) mencatat
rangkaian studi menarik dengan membandingkan pendekatan Merrill / Tennysan
dengan pendekatan Gagne dan prosedur hafalan.
Sistem prosedur terdiri dari :
- Materi-materi
yang telah di seleksi dan di kelola dengan cermat dan teliti.
- Data-data
(unit-unit) yang berbeda untuk disajikan sebagai contoh
No comments:
Post a Comment