Tuesday, October 6, 2015

TUGAS KULIAH BIMBINGAN KONSELING


TUGAS RESUME
“MODEL-MODEL KONSELING”


Pencapaian konsep merupakan proses mencari dan mendaftar sifat-sifat yang dapat digunakan dalam membedakan contoh-contoh yang tepat dengan contoh-contoh yang tidak tepat dari berbagai kategori.
(Bruner, Goodnow dan Austin 1967)
Tujuan dari model pencapaian konsep adalah mengajarkan anak-anak untuk mencapai dan membuat konsep-konsep serta mempraktikannya langsung di lapangan.
Pembentukan konsep merupakan proses yang mengharuskan siswa menentukan dasar dalam membangun kategori dan penemuan konsep mengharuskan mereka menggambar sifat-sifat dari kategori yang terbentuk dalam pikiran orang lain dengan cara membandingkan dan membedakan contoh-contoh yang berisi karakteristik konsep dengan contoh yang tidak berkarakteristik.
Proses ini membuat siswa akan belajar sifat-sifat atau ciri-ciri menjabarkan suatu konsep tertentu dan dapat membedakan sirat-sifat lain yang tidak sesuai dengan definisi. Contoh-contoh merupakan bagian kecil dari koleksi data atau perangkat data dengan membandingkan contoh-contoh positif dan membandingkan dengan contoh-contoh negatif. Seluruh obyek memiliki beberapa fitur dan disebut sebagai atribut / sifat / ciri / karakteristik. Contoh : negara-negara memiliki wilayah perbatasan, penduduk dll.



Tahap – Tahap Dalam Model Penemuan Konsep

Tahap Pertama
Penyajian Data & identifikasi Konsep

Æ
Tahap Kedua
Pengujian Pencapaian Konsep

Æ
Tahap Ketiga
Analisis Strategi-strategi Berfikir
o   Guru menyajikan contoh-contoh yang telah di labeli.
o   Siswa mengidentifikasi contoh-contoh tambahan yang tidak di labeli dengan tanda (ya) atau (tidak).
o   Siswa mendeskripsikan contoh-contoh.
o   Siswa membandingkat sifat-sifat atau ciri-ciri contoh positif dan negatif.
o   Guru menguji hipotesis menamai konsep dan menyatakan kembali definisi menurut sifat-sifat atau ciri-ciri yang paling esensial.
o   Siswa mendiskusikan peran sifat-sifat hipotesis.
o   Siswa menjelaskan definisi menurut sifat-sifat atau ciri-ciri yang paling esensial.
o   Siswa membuat contoh-contoh.
o   Siswa mendiskusikan jenis dan ragam hipotesis.

Robert Gagne (1965) artikel yang ditulis membicarakan suatu pendekatan yang tidak jauh berbeda dengan model penemuan konsep. Merrill dan Tennysan (1977) menggambarkan pendekatan-pendekatan yang sama meskipun tanpa analisis yang dalam tentang proses berfikir dan Mckinney, Warren, Larkins, Ford dan Davis (1983) mencatat rangkaian studi menarik dengan membandingkan pendekatan Merrill / Tennysan dengan pendekatan Gagne dan prosedur hafalan.


Sistem prosedur terdiri dari :
  1. Materi-materi yang telah di seleksi dan di kelola dengan cermat dan teliti.
  2. Data-data (unit-unit) yang berbeda untuk disajikan sebagai contoh



 










No comments:

Post a Comment