Tuesday, October 6, 2015

MAKALAH TENTANG PASAR

”PASAR”









NAMA                 : Chusnul Nur Hikmah
KELAS                  : VIII-A
NO.                      : 05
Tugas                   : B. Indonesia









DAFTAR ISI


Judul....................................................................................................................................
Kata Pengantar....................................................................................................................
Daftar isi
  1. Pengertian Pasar.......................................................................................................
  2. Fungsi dan Peranan Pasar........................................................................................
  3. Macam – Macam pasar............................................................................................

Penerbit................................................................................................................................


KATA PENGANTAR

Tim penulis tidak lupa memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga buku ini dapat terselesaikan penulisannya.
Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) ini disusun berdasarkan Permen Nomor 22 Th. 2006 yang memuat standar isi pendidikan. Materinya memuat konsep-konsep esensial yang dikemas secara sederhana dan sesuai dengan kehidupan bangsa Indonesia sehingga mudah dipahami.
Penyajian dalam setiap babnya sistematis, dengan memuat peta konsep pendahuluan, isi, rangkuman dan refleksi serta evaluasi yang ditampilkan secara konsisten.
Bahasa yang digunakan dalam buku ini juga lugas dan sederhana. Agar buku ini benar-benar bermanfaat, dianjurkan kepada kalian agar membacanya dengan seksama dan mengerjakan semua tugas yang ada.
Semoga buku ini dapat menemani kalian untuk menjadi insan yang berguna bagi nusa dan bangsa. Amin.



Tim Penulis


BAB X
PASAR

A.    Pengertian Pasar
Pasar adalah suatu tempat dimana para penjual dan pembeli dapat bertemu untuk berjual beli barang.

B.     Fungsi dan Peranan Pasar
Pasar mempunyai peranan penting dalam mendorong kegiatan perekonomian, baik bagi konsumen, produsen maupun pemerintah.
1.      Fungsi Pembentuk Harga
Di pasar terjadi proses tawar menawar antara penjual dan pembeli. Semula penjual menawarkan barang dengan harga tinggi dan pembeli menawar dengan harga rendah. Jika terjadi kesepakatan, terbentuklah harga pasar atau harga keseimbangan.
2.      Fungsi Distribusi
Pasar memperlancar pendistribusian barang dari produsen kepada konsumen.
3.      Fungsi Promosi
Produsen ingin barang atau jasa hasil produksinya dikenal oleh konsumen.
4.      Fungsi Penyerapan Tenaga Kerja
Pedagang yang ada di pasar mempekerjakan orang-orang sebagai kuli angkut, pelayan toko, tenaga kasir dsb.

C.     Macam – Macam Pasar
1.      Pasar Berdasarkan Wujudnya (segi fisik)
a.     Pasar konkret (pasar nyata) yaitu tempat untuk memperjualbelikan barang dan jasa dan barang-barang yang diperjualbelikan berada dipasar tersebut.
b.     Pasar abstrak (pasar tidak nyata) yaitu pasar dimana penjual menawarkan barang hanya memperlihatkan contoh (master) atau pembeli dan penjual tidak langsung datang ke pasar.

2.      Pasar Berdasarkan Luas Kegiatannya
a.     Pasar lokal (pasar setempat) adalah pasar lokal yaitu tempat yang mempertemukan penjual dan pembeli dari satu daerah setempat saja. Misalnya : pasar desa.
b.     Pasar daerah (pasar wilayah) yaitu tempat yang mempertemukan penjual dan pembeli dari satu daerah tertentu. Letaknya biasanya di ibu kota kabupaten, pusat kota, atau ibu kota provinsi. Contoh : Pasar Beringharjo di Yogyakarta dan Pasar Klewer di Solo.
c.     Pasar nasional adalah pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai wilayah dalam suatu negara (tingkat nasional). Contoh : Bursa Efek jakarta (BEJ).
d.     Pasar internasional yaitu pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai negara. Contoh : pasar kopi di Brasilia, pasar tembakau di Bremen dan pasar karet di New York Amerika Serikat.

3.      Pasar Berdasarkan Waktunya
a.     Pasar mingguan adalah pasar yang terjadi seminggu sekali. Contohnya pasar mobil di halaman kantor TVRI Stasiun Yogyakarta yang diselenggarakan setiap hari mingu.
b.     Pasar harian adalah pasar yang terjadi hampir setiap hari dan menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari. Contoh : pasar tradisional, toserba dan swalayan.
c.     Pasar bulanan adalah pasar yang terjadi setiap bulan sekali. Contoh : pasar di daerah perkebunan kelapa sawit di Sumatera Utara yang dikenal dengan nama pajak terjadi setiap bulan sekali.
d.     Pasar tahunan adalah pasar yang terjadi setahun sekali. Contoh : sekaten di Yogyakarta dan Surakarta, Pekan Raya jakarta, Pekan Raya Semarang dan voncouver fair di Kanada.
e.     Pasar temporer adalah pasar yang terjadi sewaktu-waktu dalam waktu yang tidak tertentu. Contoh : pasar tiban, pasar murah dan bazar.
4.      Pasar berdasarkan Jenis Barang yang Diperjualbeliakan
a.     Pasar barang konsumsi (pasar output) adalah pasar yang digunakan untuk memperjualbelikan barang konsumsi. Contoh : pasar sehari-hari, pasar buah, pasar sayur-sayuran, pasar ikan dsb.
b.     Pasar faktor produksi (pasar Input) adalah pasar yang digunakan untuk memperjualbelikan faktor-faktor produksi, seperti bahan baku, tenaga kerja dan mesin yang dapat digunakan untuk memproduksi lain.

5.      Pasar berdasarkan Bentuk atau Struktur
a.     Pasar persaingan sempurna adalah pasar dimana penjual dan pembeli sangat banyak sehingga harga tidak dapat ditentukan oleh seseorang melainkan oleh kekuatan penawaran dan permintaan.
b.     Pasar oligopoli adalah suatu pasar dimana hanya tedapat sedikit penjual yang saling bersaing dengan jumlah pembeli yang banyak.
c.     Pasar duopoli adalah suatu pasar dimana penawaran suatu barang dikuasai oleh dua perusahaan.
d.     Pasar monopoli adalah duatu pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai perdagangan barang atau jasa, satu penjual tersebut menguasai penjualan sehingga mereka bebas menentukan harga dan barang yang dijualnya.
e.     Pasar monopsoni merupakan pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan pembeli sehingga ia memiliki kemampuan untuk menetapkan harga.
f.      Pasar oligopsoni adalah suatu pasar dimana pembeli suatu barang dipegang oleh beberapa perusahaan.
g.     Pasar persaingan monopolistik adalah pasar yang di dalamnya terdapat persaingan antara pedagang yang melakukan monopoli.

PENERBIT


Penerbit                         : CV. Rizqi Mandiri


Pengarang                     : - Sutarto
                                        - Nanang Herjunanto
                                        - Penny Rahmawaty
                                        - Bambang Tri Purwanto



No comments:

Post a Comment