”PASAR”
NAMA : Chusnul Nur Hikmah
KELAS : VIII-A
NO. :
05
Tugas : B. Indonesia
DAFTAR ISI
Judul....................................................................................................................................
Kata Pengantar....................................................................................................................
Daftar isi
- Pengertian Pasar.......................................................................................................
- Fungsi dan Peranan Pasar........................................................................................
- Macam – Macam pasar............................................................................................
Penerbit................................................................................................................................
KATA PENGANTAR
Tim penulis tidak lupa memanjatkan puji
syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga buku ini
dapat terselesaikan penulisannya.
Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) ini
disusun berdasarkan Permen Nomor 22 Th. 2006 yang memuat standar isi
pendidikan. Materinya memuat konsep-konsep esensial yang dikemas secara
sederhana dan sesuai dengan kehidupan bangsa Indonesia sehingga mudah dipahami.
Penyajian dalam setiap babnya sistematis,
dengan memuat peta konsep pendahuluan, isi, rangkuman dan refleksi serta
evaluasi yang ditampilkan secara konsisten.
Bahasa yang digunakan dalam buku ini juga
lugas dan sederhana. Agar buku ini benar-benar bermanfaat, dianjurkan kepada
kalian agar membacanya dengan seksama dan mengerjakan semua tugas yang ada.
Semoga buku ini dapat menemani kalian
untuk menjadi insan yang berguna bagi nusa dan bangsa. Amin.
Tim Penulis
BAB X
PASAR
A. Pengertian Pasar
Pasar adalah suatu tempat dimana para
penjual dan pembeli dapat bertemu untuk berjual beli barang.
B. Fungsi dan Peranan Pasar
Pasar mempunyai peranan penting dalam mendorong
kegiatan perekonomian, baik bagi konsumen, produsen maupun pemerintah.
1. Fungsi Pembentuk Harga
Di pasar terjadi proses tawar menawar antara penjual
dan pembeli. Semula penjual menawarkan barang dengan harga tinggi dan pembeli
menawar dengan harga rendah. Jika terjadi kesepakatan, terbentuklah harga pasar
atau harga keseimbangan.
2. Fungsi Distribusi
Pasar memperlancar pendistribusian barang dari produsen
kepada konsumen.
3. Fungsi Promosi
Produsen ingin barang atau jasa hasil produksinya
dikenal oleh konsumen.
4. Fungsi Penyerapan Tenaga Kerja
Pedagang yang ada di pasar mempekerjakan
orang-orang sebagai kuli angkut, pelayan toko, tenaga kasir dsb.
C. Macam – Macam Pasar
1. Pasar Berdasarkan Wujudnya (segi fisik)
a.
Pasar
konkret (pasar nyata) yaitu tempat untuk memperjualbelikan barang dan jasa dan
barang-barang yang diperjualbelikan berada dipasar tersebut.
b.
Pasar
abstrak (pasar tidak nyata) yaitu pasar dimana penjual menawarkan barang hanya
memperlihatkan contoh (master) atau pembeli dan penjual tidak langsung datang
ke pasar.
2. Pasar Berdasarkan Luas Kegiatannya
a.
Pasar
lokal (pasar setempat) adalah pasar lokal yaitu tempat yang mempertemukan
penjual dan pembeli dari satu daerah setempat saja. Misalnya : pasar desa.
b.
Pasar
daerah (pasar wilayah) yaitu tempat yang mempertemukan penjual dan pembeli dari
satu daerah tertentu. Letaknya
biasanya di ibu kota kabupaten, pusat kota, atau ibu kota provinsi. Contoh :
Pasar Beringharjo di Yogyakarta dan Pasar Klewer di Solo.
c.
Pasar
nasional adalah pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai
wilayah dalam suatu negara (tingkat nasional). Contoh : Bursa Efek jakarta
(BEJ).
d.
Pasar
internasional yaitu pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai
negara. Contoh : pasar kopi di Brasilia, pasar tembakau di Bremen dan pasar
karet di New York Amerika Serikat.
3. Pasar Berdasarkan Waktunya
a.
Pasar
mingguan adalah pasar yang terjadi seminggu sekali. Contohnya pasar mobil di
halaman kantor TVRI Stasiun Yogyakarta yang diselenggarakan setiap hari mingu.
b.
Pasar
harian adalah pasar yang terjadi hampir setiap hari dan menyediakan
barang-barang kebutuhan sehari-hari. Contoh : pasar tradisional, toserba dan
swalayan.
c.
Pasar
bulanan adalah pasar yang terjadi setiap bulan sekali. Contoh : pasar di daerah
perkebunan kelapa sawit di Sumatera Utara yang dikenal dengan nama pajak
terjadi setiap bulan sekali.
d.
Pasar
tahunan adalah pasar yang terjadi setahun sekali. Contoh : sekaten di Yogyakarta
dan Surakarta, Pekan Raya jakarta, Pekan Raya Semarang dan voncouver fair di
Kanada.
e.
Pasar
temporer adalah pasar yang terjadi sewaktu-waktu dalam waktu yang tidak
tertentu. Contoh : pasar tiban, pasar murah dan bazar.
4. Pasar berdasarkan Jenis Barang yang Diperjualbeliakan
a.
Pasar
barang konsumsi (pasar output) adalah pasar yang digunakan untuk
memperjualbelikan barang konsumsi. Contoh : pasar sehari-hari, pasar buah,
pasar sayur-sayuran, pasar ikan dsb.
b.
Pasar
faktor produksi (pasar Input) adalah pasar yang digunakan untuk
memperjualbelikan faktor-faktor produksi, seperti bahan baku, tenaga kerja dan
mesin yang dapat digunakan untuk memproduksi lain.
5. Pasar berdasarkan Bentuk atau Struktur
a.
Pasar
persaingan sempurna adalah pasar dimana penjual dan pembeli sangat banyak
sehingga harga tidak dapat ditentukan oleh seseorang melainkan oleh kekuatan
penawaran dan permintaan.
b.
Pasar
oligopoli adalah suatu pasar dimana hanya tedapat sedikit penjual yang saling
bersaing dengan jumlah pembeli yang banyak.
c.
Pasar
duopoli adalah suatu pasar dimana penawaran suatu barang dikuasai oleh dua
perusahaan.
d.
Pasar
monopoli adalah duatu pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai
perdagangan barang atau jasa, satu penjual tersebut menguasai penjualan
sehingga mereka bebas menentukan harga dan barang yang dijualnya.
e.
Pasar
monopsoni merupakan pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan pembeli
sehingga ia memiliki kemampuan untuk menetapkan harga.
f.
Pasar
oligopsoni adalah suatu pasar dimana pembeli suatu barang dipegang oleh
beberapa perusahaan.
g.
Pasar
persaingan monopolistik adalah pasar yang di dalamnya terdapat persaingan
antara pedagang yang melakukan monopoli.
PENERBIT
Penerbit :
CV. Rizqi Mandiri
Pengarang :
- Sutarto
- Nanang Herjunanto
- Penny Rahmawaty
- Bambang Tri Purwanto
No comments:
Post a Comment