Tuesday, October 6, 2015

NASKAH DRAMA “ BENTROKAN DI DALAM ASRAMA”

“ BENTROKAN DI DALAM ASRAMA”

(Drama satu babak)

Para Pelaku           :  1. A. Goni
                                 2. M. Khoir
                                 3. Iin
                                 4. Sukis

Keadaan Pentas    : Panggung   merupakan   Sebuah  ruangan   besar,   tempat   anak-anak asrama baca-baca atau bercakap-cakap. Disebelah kiri, dekat dinding depan sebuah meja kecil, duduk seorang anak muda, Sukis, ia menghadap ke tengah ruangan asyik menulis sebentar-sebentar penanya dicelupkan ke dalam tinta dan sebentar pula menyapu-nyapu   rambutnya ke belakang. Rambutnya panjang, kulit mukanya kuning  berbintik-bintik penuh jerawat, matanya sipit, badannya kurus di tengah-tengah ruangan apalagi sepasang kursi dengan meja satu, disana duduk orang lagi anak muda, mereka berhadap-hadapan  sedang main catur yang seorang rambutnya keriting badannya tegap,  kuat dan sehat Khoir namanya berlainan sekali dengan badan yang dihadapinya Goni nama anak muda ini, berkacamata.


M. Khoir               : “Hai mengantuk kau! Sekarang giliranmu!”
Goni                      : (Dengan tenang memindahkan anak caturnya)
M. Khoir               : (Memindahkan anak catur dan membentak pula)
                                 “Lekas jangan mengantuk saja!”
Sukis                     :  “Memang si Goni suka mengantuk”
Goni                      : (Dengan Tenang memindahkan anak kuda)
                                 “Skak”!!!
M. Khoir               :  (Terkejut), “Skak ? benar Skak ?”
Goni                      :  “Ya Skak”
M. Khoir               :  (Berpikir sejurus dan kemudian memindahkan anak caturnya)
Goni                      :  (Berteriak gembira) “Skak Mat Khoir”
Sukis                     :  “Kau kalah Khoir”
M. Khoir               :  (Tiba-tiba menyapu anak catur sehingga jatuh semua)
Sukis                     :  (Memdekati Khoir)
                                 “Sebetulnya bukan karena kau kalah pandai Khoir, tetapi kau kurang                         waspada. Kau tahu bahwa bukan bahwa Goni itu licik?”
M. Khoir               :  “Brengsek”
Sukis                     :  “Dan bukan bukan bermain catur saj, dalam segala hal ia tidak                                    sportif, lagi pula ia suka menyombongkan diri dan biasa menjelek-                                  jelekkan orang lain”.
Goni                      :  “Aku tak mau pergi sebab aku tidak berdosa kepadamu”.
M. Khoir               :  “Kau ingin aku tempeleng lagi?”
Goni                      :  “Aku mau pergi setelah aku mengetahui kesalahanku”.
M. Khoir               :  “Kau tidak usah mengerti ! ini bukan berhitung, bukan aljabar dan                              bukan pelajaran lain, pergi..!!!”
                                 (Khoir mendorong Goni tetapi Goni melawannya. Mereka hampir                              bergelut, tiba-tiba terdengar suara terdehem diluar)
Sukis                     :  “Ada orang ! ada orang jangan bergelut disini, nanti teruskan di alun-                        alun saja!”.
Goni                      :  “Baiklah aku akan pergi karena kau tidak memberi alas an kau tidak                           anggup”.
M. Khoir               :  “Aku tidak usah bertanggung jawab kepadamu, dan awas kalau kau                           berani mengadukan hal ini kepada Bu Iin”.
M. Khoir               : “Gila dia…..Kurang ajar benar!!”
Sukis                     :  “Cukuplah Khoir, kau sudah memberi pelajaran kepadanya.                                        Ha..ha..ha.. Dia sudah rasaka sekarang”
M. Khoir               :  (Masih merengut kemudian duduk di meja)
Sukis                     :  “Khoir aku tidak mengerti mengapa kau masih mau bergaul dengan                            anak semacam Goni, apakah kau lupa, apa yang telah diperbuat si                                    Goni terhadap dirimu?”.
M. Khoir               :  “Aku tidak mengerti maksudmu Sukis?”.
Sukis                     :  “Masak kau sudah lupa?”.
M. Khoir               :  (Mengingat-ingat)
                                 “Menurutku kaulah yang pernah bertengkar dengan Goni”.
Sukis                     :  “Benar aku bertengkar dengan Goni tetapi hal itu belum seberapa,                              aku hanya dituduh menjiplak pekerjaannya. Lain persoalannya                          dengan kau…”
M. Khoir               :  “aku ? Mengapa aku ?”
Sukis                     :  “Ha..ha..ha.. Masak kau lupa Khoir ?”
M. Khoir               :  (Membentak) “Kau gila Sukis ! Apa yang kau tertawakan ? Aku                                 tidak mengerti !!”.
Sukis                     :  “Kau lupa fitnah Gonu kepadamu Khor?”
M. Khoir               :  “Fitnah bagaimana ?”.
Sukis                     :  “Bukankah kau dituduh mencuri pulpennya ?”.
M. Khoir               :  “Seingatku dia tidak pernah menuduh, dia hanya menanyakan                                    pulpennya kepadaku”
Sukis                     :  “Tapi tahukah Khoir sebenarnya pulpennya tidak hilang ?”.
M. Khoir               :  “Tidak hilang ?”.
Sukis                     :  “Ya, tidak hilang, pulpennya itu dijual dank arena dia benci                                        kepadamu, jadi dia menuduhmu mencuri”.
M. Khoir               :  “Tetapi aku tahu bahwa dia tidak menuduh akau ?”.
Sukis                     :  “Benar Khoir, memang dia menuduh kau tidak terang-terangan tetapi                        tahukah kau diadukan kepada Pak Bas ?”.
M. Khoir               :  (Menggelengkan kepala)
                                 “Mengapa Pak Bas tidak menghukum aku ?”.
Sukis                     :  “Karena Goni tidak memberikan bukti-bukti yang nyata”.
M. Khoir               :  “Bagaimana kau mengetahui ini semua ?”.
Sukis                     :  “Begini, waktu itu sedang istirahat, ketika Goni mengadukan sedang                                                       mengadukan hal ini kepada Pak Bas di dalam kelas, secara tidak                                   langsung aku masuk mau mengambil buku ilmu bumi, kudengar apa                           yang di percakapkan, lalu aku pura-pura mencari buku”.
Goni                      :  (Mau menyampaikan sesuatu kepadanya, tetapi ia terkejut melihat                              Khoir wajahnya merah padam).
Sukis                     :  (Menyingkir ke tepid an duduk di kursi).
M. Khoir               :  (Tetap menunding kea rah Goni)
                                 “Kau kira aku takut di usir dari sini karena menempeleng kau ? Nah                           rasakan !!. (Khoir menempeleng Goni dan Goni mengelak sehingga                              kacamatanya jatuh)
M. Khoir               :  “Coba adukan lagi ke Bu Iin aku tidak takut !”.
Goni                      :  “Nanti dulu, Khoir siapa yang mengadu ke Bu Iin ?”.
M. Khoir               :  “Huuh… Jangan pura-pura bodoh”.
Goni                      :  (Panas hatinya dan lupa bahwa Khoir lebih besar dan lebih kuat, ia                             siap menyerang Khoir tiba-tiba Bu Iin datang).
Ibu Iin                   :  “Ada apa rebut ? Ada apa ?”
                                 (Semuanya diam)
Ibu Iin                   :  “Mengapa kau marahi Khoir siapa yang kau marahi, Goni ?”
M. Khoir               :  (Mula-mula diam kemudian dia menjawab)
                                 “Dia pengkhianat Bu..
Ibu Iin                   :  “Pengkhiatat ? Pengkhianat bagaimana ?”.
M. Khoir               :  “Dia suka mengadu !!”.
Ibu Iin                   :  “Kepada siapa ia mengadu dan apa yang diadukannya ?”.
M. Khoir               :  “Mengadu kepada Ibu”.
Ibu Iin                   :  “Mengadu kepadaku ? Kapan ? Aku tidak tahu-menahu”.
M. Khoir               :  “Karena Bapak tadi memanggil dan memarahi saya, kata Ibu saya                              telah menempeleng Goni”.
Ibu Iin                   :  (Tersenyum dan mengangguk-angguk)
                                 “Ooh….. begitu”
Ibu Iin                   :  “Ya benar teman-teman kalian yang melaporkan kejadiannya                                      tersebut, tapi itu kewajibannya, sekarang kau tahu Khoir bukan Goni                         yang mengadu”.
Khoir                     :  (Tunduk dan malu)
                                 “Saya mensal Bu. Saya salah duga”.
Goni                      :  (Tersenyum riang)
Ibu Iin                   :  (Melirik ke Goni)
Goni                      :  (Diam)
Ibu Iin                   :  “Mengapa kacamatamu pecah, Goni ?”.
Goni                      :  (Tetap diam)
M. Khoir               :  “Karena saya tamper Bu”.
Ibu Iin                   :  “Bagus..Bagus tabiatmu Khoir, tadi baru kukatakan kepadamu                                   bahwa kau akan kulepas dari asrama dan kucabut tunjangan                                           sekolahmu, kalau kelakuanmu tidak senonoh. Tetapi peringatan itu                                    kau anggap sepi, mentang-mentang kau paling besar dan paling kuat                             disini. Khoir coba lihat aku !”.
                                 (Khoir semula tunduk lalu memandang Bu Iin)
                                 “Kau sering melanggar tata tertib, karena itu kau harus kulepas dari                            asrama dan kucabut tunjanganmu !”.
Goni                      :  (Mengejar Bu Iin)
                                 “Bu..Bu..!! Nanti dulu, bolehkah saya sedikit mengajukan                                                             permohonan ?”.
Ibu Iin                   : “Ayahmu meninggal ?”.
                                 (Keadaan menjadi sunyi kembali, lalu Goni berkata)
Goni                      :  “Saya rasa masih dapat mengejar kereta api jam 2. sekarang baru jam              1 kurang seperempat”.
Ibu Iin                   :  “Cepat-cepat saja…..Khoir berkemas dulu !”.

M. Khoir               :  “Baiklah Bu saya permisi dulu (Khoir keluar)
Ibu Iin                   :  “Goni, sekarang aku tahu mengapa kau mohon agar hukuman Khoir                                             ditangguhkan”.
Goni                      :  (Mengangguk)
Sukis                     :  (Dengan suara rata) “Kasihan dia”.
Ibu Iin                   :  “Ya, ia baru kehilangan Ibunya setengah tahun yang lalu, sekarang                             kehilangan ayahnya”.
Sukis                     :  “Memang kasihan, apalagi kalau ia harus pergi dari sini. Tetapi ya                               salahnya sendiri, mentang-mentang bekas gelirnya, lancang tangan”.
Goni                      :  (Membentak). “Ah kau ini banyak omong sukis”.
M. Khoir               :  (Dengan terharu) “Terima kasih, Goni”.
                                 (Bu Iin dan Goni keheran-heranan)
Goni                      :  “Mengapa kau berterima kasih kepadaku Khoir ?”.
M. Khoir               :  “Terima kasih atas kebaikan budimu”.
                                 (Kemudian ia mengeluarkan buku-buku dari dalam tasnya)
M. Khoir               :  “Maafkan atas niat saya yang jahat”.
Goni                      :  “Itu buku-buku saya”.
M. Khoir               :  “Benar itu buku-bukumu, tadi kuambil dikamarmu dengan maksud                            jahat
Ghoni                    :  “Maksud jahat bagaimana, Khoir ?”.
M. Khoir               :  “Maafkan karena hasutan seseorang saya mencuri buku-bukumu                                 agar kau tak dapat belajar”.
Goni                      :  “Siapa yang menghasut ?”.
                                 (Sukis tampak gelisah)
M. Khoir               :  (Khoir melirik ke Sukis)
M. Khoir               :  “Biarlah, Goni. Penyesalanku tidak tertebus dengan sepuluh arloji
Goni                      :  (Kepada Bu Iin). “Bagaimana permohonan saya tadi Bu ?”                                         (Menyesal)
M. Khoir               :  “Goni, sebaiknya putusan Bu Iin kujalankan karena saya telah                                    bersalah. (Melirik kearah Sukis) “Lagi pula, karena hasutan orang                               saya telah mencuri dengan maksud rendah (Sukis gelisah lagi).
Bu Iin                    :  “Khoir, sikapmu jantan sekali, karena itu putusanku akan                                                              kupertimbangkan”.
M. Khoir                  “Tidak Bu, tidak perlu saya harus pergi dari sini, karena saya harus                             bekerja untuk adikku yang masih kecil-kecil (Semuanya terharu).
M. Khoir               :  “O…ya permisi Bu dan selamat tinggal Goni”.
Goni                      :  “Baiklah mari aku antar sampai stasiun”.
                                 (Setelah semua pergi, Bu Iin berkata pada Sukis)
Ibu Iin                   :  “Sukis kau telah berbuat busuk, tulislah dalam buku “saya mengubah kelakuanku” sebanyak 300 kali dan besok harus diselesaikan, selama 3 minggu ini kau boleh keluar asrama”.

                                 (Bu Iin keluar).

No comments:

Post a Comment